Mubazir dan Makan Secukupnya

Assalamualaikum Wr. Wb.

khabarislam.wordpress.com.

Mohon maaf apabila ada kesalahan.
Hallo ustadz Sigit..apa kabar?? Semoga sehat-sehat aja ya.
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada ustadz yang telah sudi untuk membaca dan menjawab pertanyaan saya, yang insya Allah akan lebih memberi pemahaman yang baik kepada saya khususnya dan kepada kita semua umumnya.

Sesuai dengan tema yang saya usung kali ini adalah “Mubazir”.
Salah satu sunnah rasulullah saw di dalam menjaga kesehatan jasmani…sesuai dengan sabdanya yang kurang lebih berbunyi seperti ini : “Makanlah kamu sebelum lapar, dan sudahilah makan sebelum kenyang” -(maaf apabila penulisan hadits kurang tepat)-

Yang menjadi fokus saya adalah pada kalimat yang kedua, “sudahilah makan sebelum kenyang”. Bagaimana jika kita menyudahi makan…nasi/makanan yang di sudahi masih tersisa banyak?? Mubazir khan?? Kalau kita makan di rumah bisa aja sih kita mengambil porsi makanan secukupnya, tapi bagaimana kalau kita bersantap di rumah makan di mana porsi makanan biasanya di “jatah” oleh pemilik rumah makan.-(porsi makanan yang di “jatah” biasanya cukup banyak)-.

Sekian terimakasih, jawaban dan tanggapannya selalu ditunggu.

Wassalam

Fai

Jawaban

Waalaikumussalam Wr Wb

Saudara Fa’i yang dirahmati Allah swt.

Didalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Miqdad bin Ma’di Karib berkata,”Saya mendengar Rasulullah saw bersabda,’Tidaklah ada tempat penampungan dalam tubuh anak Adam yang lebih buruk daripada perutnya yang menampung berbagai makanan sehingga menegakkan tulang punggungnya. Maka jadikanlah sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya dan sepertiga untuk nafasnya.” (HR. Tirmidzi)

Hadits ini memberikan pelajaran kepada kaum muslimin agar memperhatikan keseimbangan didalam memenuhi kebutuhan perutnya baik didalam makan, minum maupun nafasnya. Senada dengan hadits ini adalah firman Allah swt :

يَا بَنِي آدَمَ خُذُواْ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وكُلُواْ وَاشْرَبُواْ وَلاَ تُسْرِفُواْ إِنَّهُ لاَ يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Artinya : “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid. Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al A’raf : 31)

Kebutuhan perut yang dianjurkan baik dari aspek akal maupun syariat adalah hanya sebatas menutupi rasa lapar dan menghilangkan rasa haus dengan demikian ia mampu menegakkan tulang punggungnya untuk bisa beraktifitas secara baik. Sebaliknya ketika kebutuhan perut diberikan secara berlebihan atau berkekurangan maka akan dapat mengakibatkan tubuh menjadi berat dan lemah sehingga dapat menurunkan semangat dan kualitas didalam melaksanakan ibadah.

Untuk itu ada yang mengatakan bahwa orang yang sedikit makan akan merasakan banyak manfaat diantaranya orang itu akan memiliki tubuh yang sehat, hafalan yang kuat serta pemikiran yang cerdas, sedikit tidur, berbadan ringan. Sebaliknya orang yang banyak makan akan memunculkan berbagai penyakit. Sehingga tepat ketika dikatakan oleh sebagian ahli hikmah bahwa obat yang paling mujarab adalah menakar makanan yang dimakan.

Al Qurthubi mengatakan bahwa telah disebutkan sesungguhnya penyembuhan orang yang sakit ada dua bagian, bagian pertama adalah obat dan bagian kedua adalah pemantangan makanan (diet). Seandainya kedua hal itu ada didalam diri seorang yang sakit maka sesungguhnya orang itu telah sehat dan pulih dan jika tidak bisa melakukan keduanya maka melakukan diet lebih diutamakan. Hal itu dikarenakan tidaklah ada manfaatnya obat jika tidak disertai dengan diet sebaliknya diet bisa bermanfaat walaupun tidak minum obat, sebagaimana disebutkan didalam sebuah hadits,”inti obat itu adalah diet.”

Selanjutnya Al Qurthubi menjelaskan bahwa makna dari “tidak berlebih-lebihan” adalah tidak berlebih-lebihan didalam makan dan minum karena hal itu akan memberatkan perut, menghambat tubuh untuk beribadah kepada Allah dan melakukan berbagai kebaikan yang diperintahkan dan ketika perbuatan berlebih-lebihan ini sampai menghambatnya dalam menegakkan kewajiban maka hal itu menjadi haram. (al Jami’ Li Ahkamil Qur’an juz VII hal 168 – 170)

Sifat israf (berlebih-lebihan) memiliki kedekatan dan kemiripan dengan sifat tabdzir (kemubadziran), seperti seorang yang membelanjakan hartanya untuk sesuatu yang diharamkan, atau untuk sesuatu yang tidak ada manfaat baginya maka perbuatan ini termasuk didalam israf dan tabdzir. Demikian halnya dengan seorang yang memesan makanan yang melebihi kebutuhannya maka ini pun termasuk kedalam perbuatan israf dan tabdzir.

Memang ukuran kenyang suatu perut berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya yang hal ini sangat dipengaruhi oleh situasi, tempat, iklim maupun gigi. Dan pada umumnya setiap orang mengetahui seberapa takaran makanan dan minuman yang dibutuhkan dirinya sehingga cukup untuk bisa menegakkan tubuhnya dan melakukan aktifitasnya baik aktifitas duniawi maupun ukhrowinya. Hal ini menjadi penting agar dirinya terhindar dari sifat tabdzir (kemubadziran).

Tentunya menghindari kemubadziran haruslah dilakukan di setiap waktu dan tempat dikarenakan perbuatan ini adalah kebiasaan setan. Sebisa mungkin seseorang mengambil makanan dan minuman sesuai dengan ukuran kebutuhan perutnya sehingga tidak ada yang berlebih, seperti ketika ia berada di rumahnya atau dalam suatu acara prasmanan.

Demikain halnya ketika ia berada di suatu rumah makan maka ia pun dituntut untuk tidak berlaku tabdzir. Hal ini bisa dilakukan ketika pelayan rumah makan tersebut menanyakan menu makanannya maka hendaklah dia memesan makanan dan minumannya sesuai dengan kebutuhannya. Akan tetapi ketika memang dirinya dihadapkan dengan keadaan dimana makanan yang adisajikan sedemikian banyak dan sepertinya diluar ukuran perutnya maka hendaklah dia mengambil sebagiannya (sesuai ukurannya) untuk dimakan sementara sebagian lainnya bisa dibungkus untuk dibawa pulang, atau disedekahkan kepada teman makan anda, dan hal ini bukanlah sesuatu yang aib.

Wallahu A’lam

Iklan

11 Tanggapan to “Mubazir dan Makan Secukupnya”

  1. Hi, i feel that i saw you visited my website so i got here to
    go back the favor?.I am attempting to in finding things to improve my web site!I suppose its good enough to use some of your ideas!!

  2. Why viewers still use to read news papers when in this technological globe all is presented
    on web?

  3. An impressive share! I have just forwarded this onto a colleague who
    had been doing a little research on this. And he actually ordered me breakfast due
    to the fact that I discovered it for him… lol. So allow me to reword this….
    Thank YOU for the meal!! But yeah, thanx for spending the time to talk about this issue here on your internet site.

  4. You are so awesome! I do not suppose I’ve truly read something like
    this before. So wonderful to discover another person with some unique thoughts on this subject matter.
    Seriously.. thanks for starting this up. This site is something that is needed
    on the web, someone with some originality!

  5. Hola! I’ve been reading your site for a long time now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Huffman Tx!
    Just wanted to tell you keep up the good job!

  6. It’s perfect time to make a few plans for the longer term and it’s
    time to be happy. I’ve learn this put up and if I could I desire to recommend
    you some fascinating issues or suggestions. Perhaps you could write subsequent articles relating to this article.
    I wish to read more things about it!

  7. Right here is the perfect blog for anyone who wishes to find out about this topic.
    You realize so much its almost hard to argue with you (not that I really would want to…HaHa).

    You certainly put a fresh spin on a subject
    that’s been written about for ages. Wonderful stuff, just excellent!

  8. That is a great tip especially to those new to the blogosphere.

    Simple but very precise info… Appreciate your sharing this one.
    A must read post!

  9. May I simply just say what a relief to find somebody who genuinely
    understands what they’re talking about online. You certainly understand how
    to bring a problem to light and make it important.
    More and more people have to read this and understand this side of the
    story. I was surprised that you aren’t more popular given that you certainly have the gift.

  10. It’s amazing for me to have a web site, which is useful designed for my experience.

    thanks admin

  11. You’re so interesting! I do not suppose I have read through something like that before.
    So nice to find another person with some unique thoughts on this topic.
    Seriously.. thanks for starting this up. This site is something
    that is needed on the internet, someone with a bit
    of originality!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: