Google Mengambil Alih Domain YouTubeIslam.Com

z

khabarislam.wordpress.com. Dengan dalih nama domain YouTubeIslam.com mirip dengan YouTube.Com yang dimilikinya, Google ngotot mengambil alih nama domain tersebut. Ada apa?
YouTubeIslam.Com yang terdaftar sebagai milik Yusuf Estes, akan diambil oleh Google dengan alasan domain itu mirip dengan YouTube.Com miliknya. Berita seputar pengambilalihan nama domain ini beredar di beberapa forum diskusi Islam sejak tanggal 27 Juli 2009, seperti forum diskusi IslamOnline.Net dan IslamicAwakening.Com.

Dalam forum diskusi tersebut dikopikan email dari Yusuf  Estes yang meminta agar berita mengenai pengambilalihan nama domain YouTubeIslam.Com oleh Google per tanggal 5 Agustus 2009 disebarkan secara luas.

Yusuf  Estes adalah seorang dai kelahiran Texas tahun 1944. Ia berasal dari keluarga Kristen Protestan, dan menjadi Muslim di tahun 1991.

Ia dikenal giat menyebarkan Islam, terutama di Amerika Serikat. Ceramahnya dalam bentuk video dan tulisan-tulisannya sudah banyak beredar secara luas–termasuk di internet, membuat namanya dikenal hingga ke belahan dunia lain.

Dalam tulisannya yang dimuat di IslamNewsRoom.Com tertanggal 29 Juli 2009 dengan judul Google Vs. Yusuf  Estes (pemilik YouTubeIslam.Com), Estes menceritakan seputar tindakan Google yang berusaha mengambil alih nama domain tersebut.

Awal tahun ini, firma hukum Google menghubunginya menyangkut domain YouTubeIslam.Com. Mereka berusaha mengambilnya dengan alasan domain itu menggunakan merek dagang milik mereka. Awalnya mereka beralasan bahwa logonya mirip. Hal itu disangkal oleh Estes. YouTubeIslam mempunyai logo berbentuk animasi dengan kotak persegi berwarna biru yang bergerak dan warna latarnya gelap. Jadi sama sekali tidak mirip.

Kemudian pihak mereka meneleponnya, meminta Estes menyerahkan domain, karena itu milik Google–sebuah perusahaan terbesar dan terkuat di dunia Internet. Sambil mengancam bahwa mereka bisa mempersulit siapapun yang menghalangi jalannya. Estes tidak gentar dan balik menantang.

Kemudian mereka menggunakan alasan bahwa domain tersebut bisa membuat bingung pengguna internet, karena sangat mirip dengan miliknya. Dengan alasan tersebut Google membawa kasus itu ke pihak arbritasi.

Dalam email yang disebarkan ke forum diskusi, Estes menuliskan, pihaknya tidak diundang dalam pertemuan dengan pihak arbritasi. Padahal untuk menghindari kemiripan–sebagaimana yang ditulisnya dalam email–Estes telah mengubah tulisan nama domainnya menjadi Yo Utu Beis Lam.com, dan bahkan mendaftarkannya sebagai merek dagang.

Tanpa pemberitahuan di awal, tiba-tiba Godaddy–tempat Estes membeli nama domain YouTubeIslam.Com, mengiriminya email yang berisi pemberitahuan, bahwa per tanggal 5 Agustus 2009 domain diambil alih oleh Google sebagai pihak pemilik YouTube.Com. Hal itu dikatakan sebagai keputusan dari pertemuan arbritasi internet.

Nama domain YouTubeIslam.Com sudah dibeli secara sah, bahkan telah dibayar hingga beberapa tahun ke depan. Tetapi karena tekanan dari Google, pihak Godaddy akan memproses transfer kepemilikan domain itu.

Estes mempertanyakan apa yang sebenarnya diinginkan Google, sebab sebelumnya Google pun sebenarnya pernah melakukan hal yang mirip kasus ini. Mereka mendapat tuntutan hukum karena YouTube.Com yang dibeli Google seharga USD1,3 juta sangat mirip bunyi ucapannya dengan UTube.Com, yang telah digunakan pemilik domain itu selama sepuluh tahun.

Adakah agenda licik Yahudi sebagai penguasa dunia internet bermain di belakang kasus ini? Sebagaimana diketahui, Estes menggunakan YouTubeIslam.Com untuk menyebarluaskan video terkait dunia Islam.

Sebagai antisipasi pengalihan domain itu, rekaman-rekaman video yang telah dimuat di YouTubeIslam.Com juga bisa dilihat di http://www.GuideUS.TV, http://www.BridgeToFaith.com, dan http://www.WatchIslam.com.[di/www.hidayatullah.com]

Iklan

2 Tanggapan to “Google Mengambil Alih Domain YouTubeIslam.Com”

  1. artikel bermanfaat soal besi bangunan ini sangat keren banget.
    keren sekali & bermanfaat. tiap orang yang pakai ataupun sedang mencari informasi
    berkaitan besi bangunanan perlu baca informasi ini. kunjungi juga situs aku ya
    bro banyak tulisan bagus yg semoga bermanfaat bagi para user butuh penjelasan lebih berlimpah
    tentang mutu besi salam.

  2. Ulasan yg keren tentang tumor otak, kanker otak stadium 1 ini bagus
    banget min. Keren sekali dan penting diketahui banget. Semua orang yg sedang
    mencari metode buat mengobati brain cancer
    & olshop yg jual obat brain cancer perlu baca tulisan ini.
    Ayo kunjungi juga website saya ya bro, banyak ulasan bagus yang bisa jadi bermanfaat buat
    siapa saja yg lagi cari langkah buat mengobati tumor otak dan online shop yang
    jual obat kanker otak. BR.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: