Obama Perintahkan CIA Bantu Pemberontak Libya

alt

khabarislam.wordpress.com. Washington – Presiden AS, Barack Obama telah menandatangani surat perintah operasi rahasia untuk Central Intelligence Agency (CIA) di Libya. Obama menandatangani surat perintah yang diberi nama sandi “finding” sejak dua atau tiga minggu lalu. Perintah tersebut memberikan otorisas penuh kepada CIA dalam melakukan operasi rahasia untuk membantu pasukan pemberontak anti Khadafi.

Padahal dalam pidato di depan senat pada Senin (28/3/2011) lalu, Obama mengatakan bahwa pasukan AS tidak akan terjun ke Libya untuk perang darat.

Sejumlah media massa di AS pada Rabu (30/3/2011) memberitakan bahwa CIA telah menempatkan personel mereka di Libya untuk membantu pasukan pemberontak anti rezim Muamar Khadafi.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney, enggan berkomentar mengenai bentuk operasi CIA di Libya. “Dengan kehadiran CIA di Tripoli saat ini, diharapkan dapat mengumpulkan keterangan mengenai apa yang terjadi di Libya. Ditambah dengan bantuan dari pasukan khusus Inggris dan Dinas Intelijen Inggris MI6, mengumpulkan informasi mengenai keberadaan tank Pemerintah Libya, serta instalasi misil dan artileri mereka.”

Sementara itu, salah seorang pejabat Amerika dan mantan tim ahli intelijen AS, memberitahukan bahwa CIA mengirim tim untuk melakukan pembicaraan dengan oposisi dan menilai kekuatan dan kebutuhan pasukan pemberontak.

“Dalam hal ini, CIA akan memimpin, seperti yang telah dilakukan di masa lalu, kala di Afghanistan setelah 11 September 2001 dan serangan teror menjelang invasi Irak pada tahun 2003. CIA bersama dengan pasukan operasi khusus dikirim untuk memberikan senjata kepada pasukan oposisi dan membantu memerangi Taliban di Afghanistan dan Saddam Hussein.” kata pejabat itu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: