129 Pengikut Millata Abraham Nyatakan Taubat

khabarislam.wordpress.com. Sebanyak 129 pengikut Millata Abraham di Aceh menyatakan taubat dan mengucapkan kembali syahadatain di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat (22/4). Pensyahadatan dibimbing oleh Ketua MPU Aceh Prof Dr Tgk H Muslim Ibrahim MA dan Ketua MPU Kota Banda Aceh Drs Tgk HA Karim Syeikh MA.

Menurut Pimpinan Millata Abraham, Zainuddin, pengikutnya di Aceh 344 orang, namun tak bisa seluruhnya dihadirkan.

Prosesi penyampaikan taubat dan pensyahadatan ulang, diawali dengan pembacaan ayat suci al-Quran, ikrar penyesalan, syahadatain, sambutan Kapolda Aceh Iskandar Hasan dan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, tausyiah ulama dan diakhiri dengan doa bersama.

“Millata Abraham itu sesat dan menyesatkan, kami benar-benar menyatakan bersalah dan taubat,” ucap Zainuddin, dalam ikrar tertulis.

Ikrar lainnya yang dibacarakan Zainuddin antara lain menyebutkan, pihaknya telah mengajak dan menyesatkan para pengikutnya. Dia tak akan berhubungan lagi dengan Millata Abraham; kembali kepada ajaran Islam yang benar berdasarkan al-Quran dan hadits; tak mengulagi lagi penyebaran aliran sesat; bersedia membongkar dan menyerahkan seluruh data dan dokumen, dan mengajak pengikutnya bertaubat kepada Allah Swt.

“Saya akan melaksanakan ibadah shalat lima waktu berjamaah di masjid,” ucapnya dihadapan ratusan masyarakat.

Kapolda Aceh mengharapkan, pimpinan dan pengikut Millata Abraham dapat kembali ke ajaran Islam yang benar dengan sungguh-sungguh. Jangan hanya pura-pura saja. Walaupun  telah menyatakan taubat dan mengucapkan kembali syahadatain, kata Kapolda, proses hukum  akan tetap dilanjukan dengan mambawa kasus ini ke pengadilan. Zainuddin dan dua orang pengikutnya sudah 20 hari dalam tahanan Polresta Banda Aceh.

Sementara Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, menyatakan Aceh yang sedang memberlakukan syariat Islam  tak bisa mentolerir penyebaran ajaran sesat, walaupun Islam tetap menghormati agama-agama resmi negara yang ada di Aceh.

Untuk itu, dia berharap, pengikut Millata Abraham dapat dengan tulus kembali kepada syariat Islam yang sesuai dengan aqidah ahlusunnah waljamaah.

“Saatnya kita menambah pembelajaran aqidah dan memperbaiki metode pembelajarannya, sebagai solusi menghindari pengaruh aliran sesat di Aceh,” katanya.

Seorang pengunjung pensyadatan, Drs Bahrom Mohd Rasyid meragukan Zainuddin dan pengukutnya bersungguh-sungguh menyesal dan keluar dari aliran sesat ini.

“Ekspresi mereka membuat kita ragu, tak terlihat sebagai orang bersalah. Apalagi umumnya mereka kaum terpelajar, ” kata anggota DPRK Pidie Jaya itu. Meski demikian, dia beraharap proses hukum dapat diteruskan dan dilakukan pembinaan yang intensif terhadap seluruh pengikut Millata Abraham dan aliran sesat lainnya di Aceh.

Awal April lalu, masyarakat dikejutkan dengan adanya berita aliran sesat Millata Abraham di Aceh. Berita ini juga sempat melahirkan desakan masyarakat agar pihak Pemda segera menindak dan membubarkan Milata Abraham yang dianggap sesat.*/Sayed M. Husen, Aceh

Foto: (1) pembacaan ikrar, (2)  Pimpinan Millata Abraham, Zainuddin (berkopiyah) diwawancarai wartawan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: