Ba’asyir Sebut Soekarno-SBY “Thogut”

TRIBUN NEWS/DANY PERMANA Terdakwa kasus terorisme, Abu Bakar Baasyir, memberikan keterangan kepada wartawan dari dalam ruang tahanan sementara di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (14/3/2011). Abu Bakar Baasyir dan pengacaranya melakukan aksi walk out karena majelis hakim tetap mengizinkan saksi-saksi diperiksa melalui telekonferensi.

khabarislam.wordpress.com. JAKARTA. Terdakwa teroris Abu Bakar Ba’asyir menyebut semua presiden di Indonesia sebagai thogut. Pasalnya, menurut Ba’asyir, mereka tidak mau menerapkan hukum Islam dalam pemerintahan.

“Itu thogut Soekarno, itu thogut Yudhoyono (Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) karena dia tidak mau ngatur negaranya dengan hukum Allah, tapi dia ngaku Islam,” ucap Ba’asyir dengan nada tinggi saat diperiksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (25/4/2011).

Pernyataan itu dia sampaikan ketika dikonfirmasi jaksa penuntut umum apakah maksud pernyataan “thogut Soekarno sampai thogut Yudhoyono” yang pernah dia sampaikan.

“Saudara bisa buktikan kalau Soekarno dan Yudhoyono menolak hukum Islam? Saya bisa buktikan mereka menolak, jadi saya pasti katakan mereka thogut,” lontar Amir Jamaah Anshorud Tauhid (JAT) itu kepada jaksa.

Penjelasan Ba’asyir itu langsung disambut takbir oleh puluhan pendukung Ba’asyir di dalam ruang sidang. Herry Swantoro, ketua majelis hakim, kesal atas sikap para pengunjung itu. “Membuat kacau, yah, pengunjung ini. Keterangan terdakwa ini penting,” kata Herry.

Jaksa kemudian meminta tanggapan Ba’asyir apakah setuju dengan Negara Islam Indonesia (NII). Ba’asyir menjawab, “Wajib, kalau saudara orang Islam enggak setuju murtad saudara. Setiap negara wajib diatur dengan hukum Islam.”

Seperti diketahui, Ba’asyir kerap menyelipkan kata thogut saat menyebut polisi atau Densus 88 Anti Teror Polri selama persidangan. Sikap itu juga diikuti para pengikutnya yang kerap berorasi di halaman persidangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: