NATO Serang Pasukan Khadafy

khabarislam.wordpress.com BRUSSELS, NATO telah menembakkan serangkaian rudal terhadap pusat komando dan kendali (pasukan) Moammar Khadafy di dekat Tripoli. Sasaran tembak NATO termasuk satu brigade yang dituduh memimpin serangan terhadap warga sipil. Beberapa pejabat mengatakan hal tersebut, Selasa.   

Aliansi militer itu telah melakukan banyak serangan, yang disengaja, terhadap fasilitas komando dan kendali rezim Khadafy pada Senin malam. Demikian menurut NATO dalam satu pernyataan.

Sasaran serangan itu termasuk infrastruktur komunikasi yang digunakan untuk mengoordinasikan serangan terhadap warga sipil dan markas besar Brigade ke-32 yang terletak 10 kilometer di selatan Tripoli, ibu kota Libya. Menurut NATO, Brigade itu telah digunakan untuk memimpin dan mengoordinasikan aksi militer terhadap penduduk sipil Libya.

“NATO akan meneruskan serangannya untuk mengurangi kekuatan pasukan rezim Khadafy yang terlibat dalam serangan tiada henti terhadap warga sipil,” ujar Letnan Jendreal Charles Bouchard, warga Kanada, komandan operasi NATO di Libya.

Dalam satu pernyataan terpisah, militer Inggris menuturkan bahwa kapal perangnya, HMS Triumph, telah menembakkan sejumlah rudal Tomahawk pada Senin dini hari sebagai bagian dari operasi NATO itu. “Ada serangan yang diselaraskan dengan ketelitian oleh pesawat koalisi, termasuk Tornado dan Typhoon,” kata Mayor Jenderal John Lorimer, pejabat komunikasi strategis pada Kepala Staf Pertahanan.

“Satu berondongan lagi tembakan rudal Tomahawk dilancarkan oleh Triumph di tempat komando dan kendali tambahan, kemarin malam,” katanya.

Dalam daftar operasi Senin, NATO menyatakan mereka telah menghancurkan sembilan bunker amunisi di sekitar Tripoli, dan juga enam rudal permukaan-ke-udara, empat tank, tiga rudal pertahanan udara, dan satu peluncur roket yang dapat dipindahkan di dekat Misrata, kota di Libya barat yang sekarang dikepung.

Aliansi militer itu menuturkan bahwa mereka juga telah menyerang tiga bunker penyimpanan amunisi dekat Sirte, kampung halaman Khadafy, dan juga tiga tank, satu sistem senjata anti-pesawat, dan satu kendaraan lapis baja dekat Zintan. Satu bangunan pemerintah juga hancur dalam serangan di sekitar kota minyak Brega di Libya timur.

Kantor berita resmi Libya, JANA, melaporkan sebelumnya bahwa serangan udara NATO pada Selasa telah menghantam Tripoli, Sirte, dan juga kota Aziziyah, di selatan Ibu Kota.

Wakil Menteri Luar Negeri Libya Khaled Kaim menyatakan, serangan-serangan itu dilakukan atas permintaan kelompok oposisi yang sedang bersiap untuk melakukan pembunuhan besar-besaran di wilayah itu. Menjelang siang hari, seorang wartawan AFP di Tripoli melaporkan bahwa sedikitnya satu pesawat telah terbang di atas Ibu Kota.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: