Tragisnya Derita Tawanan Palestina di Penjara Israel

khabarislam.wordpress.com. RAMALLAH – Asosiasi Tawanan Palestina mendesak Lembaga Hak Azasi Manusia (HAM) Internasional, terutama Palang Merah untuk segera menyelamatkan nyawa tawanan Palestina yang sakit di penjara Israel.

“Hal ini mendesak dilakukan agar kasus tawanan Sutan Al-Wali, yang meninggal karena tidak mendapatkan penanganan medis selama 23 tahun di penjara Israel, tidak terulang kembali,” kata Ketua Asosiasi Tawanan Palestina, Raghib Abu Diyak, Senin (25/4).

Abu Diyak mengatakan, kebijakan Israel yang mengabaikan penanganan medis terhadap tawanan di penjara dan pusat-pusat penahanan Zionis telah merenggut nyawa ratusan tahanan selama beberapa tahun terakhir.

“Oleh sebab itu, kebijakan tidak manusiawi ini pada 2011 menjadi yang “terparah” bagi tahanan yang sakit. Kesehatan mereka semakin memburuk di dalam penjara karena pemerintah Zionis mengabaikan perawatan medis yang memadai untuk mereka,” tegasnya.

Menurut Abu Diyak, korban yang meninggal dunia akibat tidak mendapatkan penanganan medis lebih dari 200 orang. Akibat perlakuan yang tidak manusiawi, penyakit kronis kian mewabah di penjara. Diantaranya 20 tawanan menderita kanker, 88 tawanan menderita diabetes, 25 tawanan menderita gagal ginjal, 20 tawanan mengalami kelumpuhan, dan 10 tawanan lainnya terbaring di rumah sakit Ramallah, 3 diantaranya mengalami kelumpuhan sebelah tubuh.

Selain itu, kata Abu Diyak, ada sejumlah tawanan yang mengalami kebutaan dan membutuhkan penanganan medis khusus. Ada pula tawanan yang menderita penyakit saraf dan kejiwaan, juga banyak tawanan menderita patah tulang tangan maupun kaki. “Semuanya tidak mendapatkan penanganan medis yang layak. Bahkan akibat kebijakan keji ini, banyak tawanan yang mengalami penderitaan yang lebih berat dibandingkan dengan yang dialami Sutan Wali,” tandasnya.

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: