Belanda Masukkan Organisasi Pencetus Freedom Flotilla ke Daftar Teroris

khabarislam.wordpress.com. Pemerintah Belanda memasukkan organisasi IHH di Belanda ke dalam daftar teroris. IHH adalah organisasi kemanusiaan yang berbasis di Turki, yang menggagas pelayaran “Fredom Flotilla” yang membawa bantuan ke Gaza tahun 2010.

Menteri Luar Negeri Belanda Uri Rosenthal mengatakan, pemerintah memasukkan IHH Belanda ke dalam daftar organisasi teroris karena dianggap memiliki hubungan dengan kelompok pejuang Palestina, Hamas.

Selain dimasukkan ke dalam daftar teroris, pemerintah Belanda juga membekukan semua aset IHH. Negeri Kincir Angin itu menuding IHH Belanda secara rutin mengirimkan dana bantuan ke IHH Jerman. Di Jerman sendiri, IHH sudah dinyatakan sebagai organisasi terlarang dengan tudingan menggalang dana untuk Hamas, yang sejak tahun 2003 dimasukkan ke dalam daftar teroris oleh Uni Eropa.

Dalam keterangannya, Rosenthal mengatakan bahwa pemerintah Belanda secara independen mengambil keputusan untuk memasukkan IHH Belanda ke daftar teroris karena IHH merencanakan untuk kembali melakukan pelayaran Freedom Flotilla. “Pemerintah Belanda menentang kegiatan itu, karena kontra produktif dengan upaya pembukaan perbatasan lebih lanjut,” tukas Rosenthal

Ia juga mengatakan, keputusan itu diambil karena Belanda sedang berusaha untuk meningkatkan impor bunga dan buah-buahan dari Gaza. “Oleh sebab itu, Belanda menyerukan organisasi-organisasi yang ingin berpartisipasi dalam pelayaran Flotilla untuk menahan diri. Pelayaran itu sama sekali tidak membantu situasi di Gaza,” sambung Rosenthal.

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: