Beberapa Pemimpin Arab Tawarkan Perlindungan Bagi Presiden Suriah

khabarislam.wordpress.com. Washington – Konflik Suriah terus terjadi. Beberapa pemimpin Arab telah menyampaikan pada pemerintah Amerika Serikat (AS) bahwa mereka bersedia memberikan tempat perlindungan bagi Presiden Suriah Bashar al-Assad guna mempercepat pengunduran dirinya.

Hal itu disampaikan Asisten Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Jeffrey Feltman meski dirinya tidak menyebutkan negara-negara mana saja yang siap menampung Assad.

“Hampir semua pemimpin Arab, para Menlu yang berbicara dengan saya mengatakan hal yang sama: kepemimpinan Assad segera berakhir. Itu tak bisa dihindari,” kata Feltman di depan panel Senat AS seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (10/11/2011).

“Beberapa pemimpin Arab ini bahkan sudah mulai menawarkan tempat perlindungan bagi Assad guna mendorongnya untuk mundur secepatnya,” tutur Feltman. Diharapkan Feltman, Assad dan pejabat-pejabatnya akan mengundurkan diri secara sukarela.

Aksi demo menuntut pengunduran diri Assad terus berlangsung di Suriah. Aksi yang telah berlangsung 7 bulan itu telah menelan ribuan korban jiwa. Menurut perkiraan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lebih dari 3 ribu orang telah tewas selama pergolakan tersebut.

Sejauh ini Assad belum juga menunjukkan tanda-tanda akan mundur. Pasukan Suriah terus menyerang para demonstran antipemerintah. Pada Rabu, 9 November kemarin, pasukan Suriah menembak 8 demonstran hingga tewas dan melukai 25 orang lainnya di Damaskus.

Sejak pekan lalu, lebih dari 60 orang telah tewas akibat kekerasan militer dan polisi Suriah. Padahal sebelumnya pemerintahan Assad telah setuju untuk melaksanakan seruan-seruan yang disampaikan Liga Arab yang salah satunya menyerukan penghentian kekerasan aparat.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: