Dukungan Warga AS untuk Perang Afghanistan Semakin Turun Tajam

khabarislam.wordpress.com. Dukungan untuk perang di Afghanistan telah menurun tajam di kalangan warga Amerika dalam beberapa bulan terakhir pada saat warga AS semakin kecewa dengan konflik yang dimulai lebih dari satu dekade lalu, menurut jajak pendapat New YorkTimes / CBS yang dikeluarkan hari Senin kemarin (26/3).

Dua pertiga dari mereka yang disurvei – 69 persen – mengatakan Amerika Serikat seharusnya tidak lagi berperang di Afghanistan, naik dari 53 persen pada November tahun lalu dan persentase tertinggi sejak jajak pendapat New York Times / CBS mulai mengajukan pertanyaan itu pada tahun 2009, CBS melaporkan.

Enam puluh delapan persen mengatakan pertempuran itu akan “agak parah” atau “sangat buruk,” dibandingkan dengan 42 persen yang menyuarakan pandangan tersebut pada bulan November 2011, New York Times melaporkan.

Survei New York Times / CBS ini sejalan dengan jajak pendapat terbaru lainnya yang menunjukkan penurunan dukungan untuk perang di Afghanistan. Survei ini dilakukan setelah pembantaian 17 warga sipil Afghanistan oleh tentara AS serta kekerasan yang dipicu oleh pembakaran Al-Quran oleh pasukan Amerika bulan lalu dan sejumlah pembunuhan tentara AS oleh pasukan keamanan Afghanistan.

Menurut jajak pendapat, kesan negatif dari perang telah meningkat di antara Partai Demokrat dan Republik.

Enam puluh persen dari Partai Republik mengatakan perang itu akan agak atau sangat buruk, dibandingkan dengan 40 persen pada November. Di antara Demokrat, 68 persen mengatakan perang itu akan agak atau sangat buruk, dibandingkan dengan 38 persen pada November tahun lalu.

NATO sendiri berencana untuk menyerahkan tanggung jawab keamanan kepada pasukan Afghanistan pada akhir 2014. Empat puluh empat persen responden mengatakan Amerika Serikat harus menarik diri lebih cepat dari transisi yang direncanakan; 33 persen mengatakan bahwa pemerintahan Obama harus tetap pada jadwal saat ini, dan 3 persen mengatakan harus mundur sekarang. Tujuh belas persen mengatakan Amerika Serikat harus tinggal selama yang dibutuhkan untuk menstabilkan situasi di Afghanistan.

Jajak pendapat dilakukan terhadap 996 orang dewasa yang dilakukan melalui telepon dari 21-25 Maret, dan memiliki margin kesalahan sampling plus atau minus 3 poin persentase.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: