Obama Ingin Jadi Investor Terbesar, 14 Bos Perusahaan AS Temui SBY

khabarislam.wordpress.com. Jakarta – Menindaklanjuti keinginan Presiden AS Barack Obama agar negaranya menjadi investor terbesar di Indonesia, 14 bos perusahaan besar AS datang menemui Presiden SBY.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, 14 pimpinan perusahaan besar asal AS yang hadir tersebut berkomitmen akan berinvestasi di Indonesia dalam jumlah besar. Para investor tersebut hadir dalam delegasi US-ASEAN Bussiness Council.

“Misalnya ada dari Caterpillar, dia berinvestasi di Batam lebih dari Rp 2 triliun mengembangkan truk yang ukuran 150 sampai 400 ton. Kemudian P&G mengembangkan lagi untuk anak juga kembangkan di Jawa Barat ratusan juta dolar. Cargil baru melakukan investasi sekitar US$ 450 juta di bidang pangan. Kemudian ada GE mau bikin 100 lokomotif kita untuk PT Kereta Api,” tutur Hatta.

Hal ini disampaikan oleh Hatta di Istana Negara, Jakarta, Kamis (7/6/2012).

Selain itu, ada juga investasi di bidang perminyakan. Seperti Chevron yang akan mengembangkan minyak dan gas di Selat Makassar miliaran dolar.

“Pada intinya adalah mereka merasa senang di Indonesia. Iklim bisnis kita terus membaik, berkembang dan mereka tetap berkomitmen untuk investasi di Indonesia,” lanjut Hatta.

Rencana investasi dari berbagai perusahaan AS ini, lanjut Hatta, adalah kelanjutan dari pernyataan Obama saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

“Dia (Obama) mengatakan ‘I wanna be number one again here in Indonesia in investment and also in trade.’ Jadi kita tunggu saja. Sekarang investasi AS sekitar nomor 2 atau 3,” kata Hatta.

Para investor ini meminta agar pemerintah lebih mempercepat proses birokrasi proyek di Indonesia sehingga investasi menjadi lancar. “Saudara tahu bahwa itu hambatan birokrasi yang harus dipangkas,” tegas Hatta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: