600.000 Orang Telantar akibat Operasi Keamanan

khabarislam.wordpress.com. ISLAMABAD, Operasi militer terhadap para gerilyawan di daerah suku Pakistan mengakibatkan hampir 600.000 orang telantar, kata satu lembaga bantuan internasional, Kamis (7/6/2012).

Organisasi Save the Children memperkirakan bahwa lebih dari 600.000 orang akan mengungsi dari lembah Khyber jika operasi keamanan terus berlanjut, di mana lebih dari 300.000 diperkirakan anak-anak.

Arus pengungsi dalam negeri (IDPs) dari wilayah itu baru-baru ini dimulai Januari dan semakin meningkat pada pertengahan Maret saat operasi di daerah tersebut meningkat.  Sejak itu, sekitar 63.000 keluarga telah mengungsi dan pindah ke Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Total jumlah keluarga telantar ini diperkirakan mencapai total 144.104 keluarga dari konflik sebelumnya di wilayah itu yang telah berlangsung sejak 2009.

Menurut Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), sekitar 1.200 orang saat sudah terdaftar di kamp Jalozai setiap hari dibandingkan dengan hingga 10.000 selama pertengahan Maret.

Pemerintah memperkirakan pengungsi masih akan mengalir sampai akhir tahun, sehingga dibutuhkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi baru.

Kekurangan pendanaan berkelanjutan akan menimbulkan kendala yang parah pada kemampuan lembaga-lembaga kemanusiaan untuk memberikan bantuan guna menyelamatkan nyawa penduduk yang terkena bencana, kata Save the Children.

Lebih dari 90 persen dari pengungsi baru tinggal di luar kamp, tinggal di ruang yang disewa atau dengan keluarga angkat. Sangat penting untuk membantu para pengungsi di luar kamp ini, karena terbatasnya layanan bantuan yang bisa menjangkau mereka.

Karena sebagian besar pengungsi adalah perempuan dan anak-anak yang memiliki budaya konservatif, mereka tidak mau tinggal di kamp-kamp. Banyak dari mereka yang tidak mendapat akses layanan bantuan.

Pengungsi yang tinggal dengan masyarakat tuan rumah mengatakan bahwa mereka tidak berharap bisa pulang dalam waktu 12 bulan ke depan.

Di lain pihak masyarakat setempat berjuang untuk mengatasi masuknya pengungsi, kata media lokal melaporkan.

Mereka melaporkan bahwa operasi keamanan di Lembaga Khyber sedang diintensifkan dan banyak orang yang kehilangan tempat tinggal mereka mencari keselamatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: