Yunani Keluar dari Eropa atau Tidak, Krisis Belum Berakhir

khabarislam.wordpress.com. Jakarta – Semua mata tertuju pada Yunani seiring pemilu 17 Juni makin dekat. Pertanyaan besar menggantung di benak semua orang, apakah Yunani akan keluar dari Uni Eropa atau tidak?


“Kita benar-benar harus menunggu hasil pemilu untuk mengetahui jawabannya, tapi saya sungguh meragukannya,” kata Charles Dallara, Dirut Institute of International Finance, dikutip dari CNBC (12/6/2012).

“Bahkan pemimpin paling radikal di Yunani saat ini tidak bicara tentang keluar dari zona Eropa. Saya pikir banyak pemimpin Eropa utara yang dulu menyukai ide tersebut sebagai pilihan alternatif untuk menyingkirkan masalah Yunani, kini menyadari bahwa dengan Yunani tetap di dalam zona Eropa itulah prospek terbaik untuk membantu stabilisasi Eropa,” papar Dallara.

Meski kemungkinan Yunani keluar dari zona Eropa sangat kecil, Dallara mengatakan hal itu akan jadi berita buruk bagi semua orang. “Yunani sendiri akan melalui periode hiperinflasi.” Kesengsaraan Yunani dipastikan menyebar.

“Saya rasa hal ini bisa kembali menyebabkan resesi global. Mungkin ini bisa berujung pada depresi global karena Bank Sentral Eropa akan segera hampir bangkrut. Kita tahu bagaimana penularan bergerak,” kata Dallara.

Perwakilan Amerika Serikat, Cathy McMorris Rodgers, R-Wash., melihat Eropa lebih kejam lagi. Dia menyarankan daripada meningkatkan pinjaman kepada negara-negara Eropa yang ekonominya bermasalah, seperti pinjaman 100 milyar euro untuk bank-bank Spanyol, seharusnya ‘isi dompet’ Eropa diperketat.

“Mereka harus mengencangkan ikat pinggang dengan menciptakan insentif untuk mulai menyeimbangkan anggaran mereka dan menghentikan bailout di Eropa.” McMorris Rodgers mengklarifikasi bahwa dia tidak berpendapat AS harus keluar dari IMF, tapi pinjaman US$ 100 milyar terpisah itu akan makin menyulitkan daripada membantu.

“Ada kekurangan akuntibilitas dan komunikasi serius. Ini benar-benar seperti cek kosong bagi pemerintahan Obama,” kata McMorris Rodgers.

Satu Tanggapan to “Yunani Keluar dari Eropa atau Tidak, Krisis Belum Berakhir”

  1. ya, tapi yang jelas dengan keluarnya Yunani, maka eropa akan makin kolaps dan makin sulit untuk keluar dari krisis. keluar tidaknya Yunani cuma mempertimbangkan kemungkinan terbaik daripada terburuk menurut negara uni eropa🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: