Memilukan, 98 Persen Mahasiswa Pernah Nyontek!

khabarislam.wordpress.com. Pekanbaru. Pembantu Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) Dr Elfis mengatakan hampir 98 persen mahasiswa pernah nyontek.

“Tentu ini adalah persoalan yang sangat memilukan!” ungkapnya dalam acara Seminar Nasional Pendidikan: Refleksi Kebangkitan Tenaga Pendidik dan Pelajar Muslim, Sabtu (9/6) di Aula Soeman HS Fakultas Hukum UIR, Pekanbaru, Riau.

Lantaran, lanjut Elfis, mereka adalah calon tenaga pendidik. “Bagaimana mungkin kita bisa menjadi pendidik yang diridhai oleh Allah sementara kita sebagai pendidik juga sering melakukan pelanggaran nilai-nilai Islam?” tanyanya retorik.

Sedangkan Dr Muhammad Rahmat Kurnia menyatakan nyontek merupakan salah satu dari sekian banyak masalah pendidikan dan semuanya bermuara pada satu akar masalah.

“Akar masalahnya adalah pendidikan kita tidak didasarkan pada akidah Islam tapi sekulerisme sehingga pendidikan berorientasi pada materialisme,” ungkapnya dihadapan sekitar 300 peserta dari kalangan dosen, mahasiswa dan guru.

Maka solusinya, lanjut Ketua Faaliyah DPP Hizbut Tahrir Indonesia, adalah menyatukan agama dengan kehidupan termasuk di dunia pendidikan.

“Sehingga tujuannya pun jelas terarah dan sejalan dengan akidah yakni pembentukan kepribadian Islam dan penguasaan sains dan teknologi yang didasari oleh keimanan kepada Allah SWT,” tegas penulis buku Menggagas Kembali Sistem Pendidikan Islam.

Dalam seminar yang diselenggarakan oleh Cakrawala Mahasiswa (Cakram) FKIP UIR tersebut dilantik pula sejumlah pengurus Cakram FKIP UIR periode 2012-2013 oleh Rektor UIR Prof  Dr H Detri Karya.[]Apri Siswanto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: