Arab Saudi Ingin Membeli 800 Tank Leopard dari Jerman

FRANKFURT, KOMPAS.com — Rencana Arab Saudi membeli tank tempur utama Leopard dari Jerman ternyata jauh lebih besar dari dugaan semula. Kabar terbaru menyebutkan, negara kaya minyak itu berniat membeli sekitar 600-800 unit tank Leopard dari Jerman.

Demikian dikabarkan surat kabar Jerman, Bild am Sonntag, Minggu (17/6/2012). Sebelum ini, kabar yang beredar menyebutkan Arab Saudi hanya ingin membeli 300 unit tank tempur utama itu.

Dengan jumlah terbaru ini, kontrak pembelian tersebut diperkirakan bernilai total 10 miliar euro (Rp 118,5 triliun), yang berarti akan menjadi salah satu kontrak pembelian terbesar sarana pertahanan yang pernah diterima Jerman. Tank-tank Leopard itu akan diproduksi di Spanyol dengan lisensi dari Jerman.

Hingga saat ini, rencana pembelian itu masih ditentang oleh Kantor Kanselir Jerman, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Jerman. Namun, Kementerian Ekonomi Jerman mendukung penuh rencana tersebut.

Pihak Arab Saudi sendiri menginginkan seluruh kontrak sudah ditandatangani sebelum memasuki bulan Ramadhan, 20 Juli. Kontrak pertama untuk pembelian 300 tank pertama kabarnya sudah siap ditandatangani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: