Jubir HTI: Eksplorasi dan Eksploitasi dikuasai Asing

khabarislam.wordpress.com. “Omong kosong bicara kedaulatan energi kalau masih ada pemikiran menyama dudukkan antara BUMN dan Badan Usaha Swasta,” tegas Ismail Yusanto dihadapan komisi VII DPR RI saat dengar pendapat membahas perubahan undang-undang nomor 22 tahun 2001 tantang Migas, Kamis (11/10) Gedung DPR-RI Senayan Jakarta.

Menurutnya itu disebabkan adanya pasal dari undang-undang tersebut yang meliberalkan sektor Migas baik dari hulu hingga hilir.”Pasal 9 undang-undang Migas merupakan pangkal dari liberalisasi ini,” jelasnya.

Karena lanjutnya, kata ‘dapat’ dalam pasal itu sama saja menyamaratakan antara BUMN dan Swasta. “Seharusnya kita membedakan keduanya dan memberikan keutamaan kepada Badan Usaha Milik Negara,” paparnya.

Inilah menurutnya membuat lifting saat ini terus turun. Dari 1,5 hingga 1,4 juta barel/hari beberapa tahun yang lalu sebelum undang-undang ini diterapkan menjadi 930 ribu barel/hari.

Masalahnya dimana? Menurut Ismail masalahnya ada dikegiatan eksplorasi dan eksploitasi yang dikuasai asing. “Seharusnya kita mendorong BUMN kita untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi bukan malah mendukung pihak swasta maupun asing,” imbuhnya.

Ismail menambahkan hasil pengelolalan Migas seharusnya harus dilakukan secara Profesional dan Syariah. “Karena dengan syariah negara yang akan mengatur seluru kegiatan pengelolaan ini dan dengan segenap kemampuannya mampu mendistribusikan kekayaan ini pada seluruh masyarakat,”

Selain Ismail Yusanto (Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia) memaparkan pandanganya, hadir pula Syaiful Bahri (Muhammadiyah) dan Andi Nasmi (PBNU).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: