HTI: Anggota DPR Bekerja untuk Kepentingan Golongan

  Ketua Fraksi PPP Hasrul Azwar (kiri) meninggalkan ruang rapat usai membalik meja rapat saat rapat paripurna terkait pengesahan alat kelengkapan dewan (AKD) di Gedung Nusantara II, DPR, Jakarta, Selasa (28/10).  (Republika/Agung Supriyanto)

Ketua Fraksi PPP Hasrul Azwar (kiri) meninggalkan ruang rapat usai membalik meja rapat saat rapat paripurna terkait pengesahan alat kelengkapan dewan (AKD) di Gedung Nusantara II, DPR, Jakarta, Selasa (28/10). (Republika/Agung Supriyanto)

khabarislam.wordpress.com JAKARTA — Terbentuknya pimpinan DPR tandingan terus menuai sorotan. Hizbut Tahrir Indonesia menilai sikap dewan yang seperti ini menujukkan kerja mereka tak lebih dari untuk kepentingan golongan.

Juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia Muhammad Ismail Yusanto mengatakan saat keinginan politik para anggota dewan tidak terpenuhi, mereka menempuh berbagai cara. Ketika mereka kuat dan berkuasa, demokrasi hanya legitimasi kekuasaan.

Begitu pun saat kekuasaan tidak mereka dapat, demokrasi juga yang mereka jadikan alasan untuk men-deligitimasi lawan politiknya. ”Akibatnya seperti ini. Alih-alih bekerja untuk rakyat, mereka bekerja untuk kepentingan golongan,” katanya.

Melihat itu, Ismail mengatakan pantas jika muncul pesimisme dewan akan memberi kebaikan bagi rakyat di masa mendatang. Apalagi dalam suasana yang penuh pertarungan di antara dua kubu.

Ia melihat tidak mungkin partai di parlemen bersikap seperti sekarang jika tidak ada instruksi dari pimpinannya. Dan itu tidak mungkin jika tidak berhubungan dengan situasi di eksekutif.

Sebab eksekutif berharap dukungan dewan. Tapi jika dewan didominasi kubu lawan maka ada kekhawatiran eksekutif dipersulit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: