Lima Polisi Mesir Pembunuh Da’i Salafy Dituntut

khabarislam.wordpress.com. Kejaksaan Umum Alexandria, Mesir, hari Rabu menuntut lima polisi mantan anggota Investigasi Keamanan Negara — lembaga yang kini telah dibubarkan — di pengadilan dalam kasus penyiksaan dan pembunuhan da’i Salafy, Sayed Bilal.

Sumber kehakiman kepada Al Mishry Al Yaum (27/10/2011) mengatakan, jaksa menuntut kelima polisi itu dengan tuduhan pembunuhan berencana, penyiksaan dan pelecehan seksual. Disamping itu, mereka juga memeriksa kemungkinan keterlibatan Bilal dalam peristiwa pemboman sebuah gereja pada malam Natal di Alexandria, yang menewaskan 23 orang dan melukai puluhan orang lainnya.

Empat dari lima polisi yang terlibat, yaitu Hossam al-Shinnawy, Osama al-Konayesi Ahmed Kamel dan Mahmud Abdul Alim, belum berhasil ditangkap. Sedangkan satu tersangka, Mohammed al-Shimi sudah berada di dalam tahanan.

Keluarga Sayed Bilal, sebelumnya menuduh pihak keamanan bertanggungjawab atas kematian pria berusia 31 tahun itu di kantor polisi pada 5 Januari 2011.

Sementara itu pengadilan pidana di Alexandria, Rabu (26/10/2011), menjatuhkan hukuman 7 tahun penjara kepada dua orang anggota polisi dalam kasus pembunuhan aktivis Khalid Said pada 6 Juni 2010. Kematian Said tersebut merupakan salah satu faktor penyulut terjadinya unjuk rasa besar-besaran di Mesir pada 25 Januari 2011 yang mengakibatkan tumbangnya rezim Husni Mubarak.

Sumber

Tinggalkan komentar